Kamis, 29 Maret 2012

softskill apa saja yg dibutuhkan oleh suatu perubahan??

1. Apa yang dimaksud dengan softskill??
       Softskill adalah kemampuan khusus individu dalam kehidupan sosialnya, berupa karakter diri yang dapat dilihat dari bagaimana cara individu dalam bersikap, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain. Softskill dapat ditumbuhkan dari dalam diri sendiri.
          Softskill dibadi menjadi 2 katagori, yaitu :
    Intra-personal skill : keterampilan seseorang dalam mengatur diri sendiri untuk pengembangan     kerja secara optimal.
     Inter-personal skill : keterampilan seseorang yang diperlukan dalam hubungan dengan orang lain untuk pengembangan kerja secara optimal.


2. Apa perbedaan softskill dengan hardskill??
        Softskill diukur dari karakter pribadi individu dalam kehidupan sosialnya, seperti: menyikapi sesuatu, berkomunikasi dengan orang lain, juga bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain, softskill lebih menekankan pada EQ (Emotional Quotient), selain itu, softskill bersifat invisible sehingga orang lain tidak dapat melihat secara langsung kemampuan softskill seseoang, sementara hardskill dapat diukur dari kemampuan otak seorang dalam mengerjakan sesuatu yang sesuai pada bidangnya, hardskill lebih menekankan pada IQ (Inteligent Quotient) yang berarti kemampuan seseorang berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemampuan teknis lainnya yang sesuai dengan bidangnya, hardskill bersifat visible sehingga orang lain mampu melihat bahwa orang tersebut memiliki kemampuan pada bidangnya.   


3. Apa keterkaitan softskill dan hardskill dalam dunia kerja?
       Dalam persaingan dunia kerja individu tidak hanya di tuntut untuk memiliki prestasi yang tinggi atau kemampuan otak dalam mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan bidangnya atau hardskill, tetapi individu juga di tuntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berupa kekreatifitas, keuletan, kepercayaan diri, kedisiplinan, dan lain sebagainya atau softskill.  Sehingga keduanya harus berjalan dan tumbuh seimbang untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi, pribadi yang berkualitas serta mencapai kesuksesan yang cepat.  


4. Softskill apa saja yang dibutuhkan dalam perusahaan?
    - Pribadi yang berjiwa pemimpin
    - Pribadi yang bertanggung jawab
    - Pribadi yang disiplin
    - Pribadi yang ulet
    - Pribadi yang kreatif dan inovatif
    - Pribadi yang pandai berkomunikasi dengan orang lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar